Pasang AC Surabaya

Pasang AC YA DI CV.ATA, Termurah,Bergaransi,Profesional,Bertanggung jawab.

Home » Cara Memindahkan AC Tanpa Buang Freon

Cara Memindahkan AC Tanpa Buang Freon

Suatu hari kita ingin memindahkan sebuah unit AC dikamar ke tempat lain atau dirumah lama ke rumah baru. Untuk pekerjaan pindah unit air conditioner harus dengan peralatan yang lengkap dan harus memahami cara membongkar yang benar. Bila kita asal pindah unit ac maka resiko terbuanganya freon pada unit AC yang kita bongkar.

Cara atau langkah-langkah membongkar pasang ac dan Memindahkan AC tanpa membuang freon yang dapat anda lakukan dengan langakah-langkah berikut ini :

  • Hidupkan unit AC dan tunggu sampai unit menyuplai daya ke unit outdoor
  • Buka penutup service valve menggunakan kunci pas lalu pasang selang manifold (Katup manifold dalam keadaan tertutup agar bisa mengukur tekanan freon)
  • Tutup valve tekanan tinggi yang lebih kecil 1/4 inchi untuk AC ½ – 1 PK dengan menggunakan kunci L dengan memutarnya ke kanan.
  • Tunggu beberapa saat (2-5 menit) sampai Gauge manifold menunjukan tekanan vacuum (Freon dalam pipa condenser dan evaporator sudah masuk ke dalam compressor)
  • Lalu tutup valve pipa tekanan rendah yang lebih besar 3/8 inchi untuk AC ½ – 1 PK dengan menggunakan kunci L dengan memutar ke kanan.
  • Matikan Unit Ac anda dan lepaskan selang manifold dari unit AC
  • Anda sudah bisa melepas unit AC anda dengan aman dan tanpa membuang isi Freon.

Berikut cara bongkar pasang ac yang dapat anda lakukan sendiri :

  1. Operasikan Air Conditioner, tunggu sampai indoor unit memberikan supply listrik kebagian outdoor unit. Setelah outdoor unit dapat beroperasi pasang selang manifold yg berwarna biru pada pentil pengisian freon lalu buka mur penutup kran valve yg berukuran 1/4 dan 3/8 (untuk ac split ukuran 0,5 PK sampai 1 PK)
  2. Setelah mur kran valve terbuka, ambil sebuah kunci L yg ukurannya sama dengan lubang kunci L yg berada pada kran valve. Putar kekanan sampai habis kran valve yg ukuran 1/4 dengan kunci L sambil melihat jarum manifold tekanan rendah sampai posisi jarum manifold menyentuh angka 30″ (vakum dibawah angka 0 psi).
  3. Setelah jarum manifold tekanan rendah menyentuh angka 30″ tutup kran valve ukuran 3/8 dengan kunci L kearah kanan sampai habis lalu matikan ac split segera, jangan terlalu lama.
  4. Setelah ac split dimatikan, cabut steker dari aliran litrik, bila tidak menggunakan steker berarti anda harus melepaskan kabel power supply dari aliran litrik. Bila anda belum terbiasa memutuskan aliran litrik pada kabel power supply, saya sarankan matikan MCB pada box pembagian litrik atau pada meteran listrik agar anda tidak tersengat aliran listrik pada saat melepaskan sambungan kabel power supply.
  5. Setelah tidak ada aliran listrik yg mengalir pada AC Split barulah anda melepaskan sambungan kabel dan nepel pada indoor dan outdoor.
  6. Setelah sambungan nepel indoor dan outdoor terlepas, pasang kembali mur penutup kran nepal dan tutup kran valve dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.
  7. Begitu juga dengan pipa yg berada pada indoor unit tutup juga dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk, ujung pipa installasi AC rumah juga harus ditutup dengan solasi, bila anda ingin menggunakan kembali.
  8. Alangkah baiknya sekalian kita cuci AC, baca artikel Langkah langkah Cuci AC , untuk pemasangan Unit AC baca artikel Cara Pasang Air Conditioner.

Sedikit info ini semoga bermanfaat yaa dan selamat mencoba :)

Incoming search terms:

  • bagai mana membongkar AC

Name of author

Name: sudjono

2 thoughts on “Cara Memindahkan AC Tanpa Buang Freon

  • kalo tidak mmpunyai alat ukur manifold , gmn caranya menetukan/filing bahwa tekanannya sdh cukup

    Reply
    • Mngkin kira2 1 menit bro.. atau mending cari amannya beli lah manifold murah kok bro 160rb an dibanding ongkos mindah ac 300 rb.. tapi kalo ada rejeki lebih mending panggil tukang ac.. itung itung bagi2 rejeki hehe

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *